5 Feb 2019

CEGAH PENYAKIT JANTUNG DENGAN SENAM JANTUNG

Jantung merupakan organ tubuh vital bagi manusia. Jantung adalah salah satu bukti kemahakuasaan dan kebesaran Allah SWT atas manusia dan semua makhluk ciptaa-NYa. Dengan otot yang kuat, jantung berfungsi sebagai pompa yang memompakan darah secara terus-menerus melalui sistem sirkulasi atau peredaran darah. Setiap hari jantung anda berdenyut kurang lebih 100.000 kali dan memompakan darah kurang lebih 2000 galon darah (38.000 liter).

Kelainan-kelainan pada jantung dapat dicegah antara lain dengan berolahraga secara teratur. Olahraga yang biasa dilakukan untuk menjaga agar jantung tetap sehat dan bugar adalah senam aerobik untuk jantung. Senam jantung adalah salah satu ikhtiyar atau usaha kita untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah secara dini, karena senam jantung dapat mengurangi pengendapan darah dan mencegah terjadinya penyumbatan pembulu darah. Aliran darah di pembuluh arteri jantung menjadi lancar sehingga kerja jantung optimal.

Gerakan-gerakan dalam senam jantung sehat telah diuji oleh dokter spesialis jantung dan telah dibakukan dan diberlakukan di seluruh Indonesia dengan beberapa modifikasi dan kreasi. Pada dasarnya gerakan-gerakan pada senam jantung sehat sama seperti gerakan pada senam aerobik biasa namun, berbeda dengan senam aerobik pada umumnya, ritme dan tempo pada gerakan senam aerobik jantung disesuaikan dengan kemampuan peserta yang sebagian besar adalah usia manula. FIT (frekuensi, Intensitas dan tempo) merupakan hal yang sangat diperhatikan dalam senam jantung. Frekuensi senam jantung sehat ditentukan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Intensitas gerakan yang diatur sehingga tidak terlalu menguras tenaga peserta senam jantung sehat, selain itu denyut nadi sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan senam juga diukur, idealnya denyut nadi sebelum dan setelah senam sama, menandakan bahwa senam yang dilakukan sesuai.

Saat ini, sudah ada 110 club jantung sehat di Indonesia. Menurut kepala club jantung sehat Jakarta Selatan, Sugeng Harsoyo, peserta yang mengikuti senam jantung sehat tidak hanya dari penderita sakit jantung akan tetapi orang yang memiliki kesadaran untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dan pentingnya kesehatan jantung.
  

Terepkan gaya Hidup Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Anda 

Penyakit jantung memang tidak hanya menyerang usia lanjut saja, pada usia muda pun dapat beesiko terkena serangan jantung dan penyakit jantung lainnya, seperti penyakit jantung koroner, arteosklerosis dan gagal jantung. Faktor-faktor ini selain dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan yang tinggi lemaknya dan rendah serat, juga disebabkan oleh faktor lingkungan yang telah tercemar polusi. Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh, berolahaga yang lebih teratur untuk memperkuat sistem kardiovaskular, berhenti mengkonsumsi alkoho, dan berhenti merokok. Dengan membuat jenis perubahan gaya hidup sederhana anda dapat menghindari dan mencegah timbulnya penyakit jantung.

Lakukan Hal Berikut ini untuk mencegah Penyakit Jantung :
  1. Berhenti merokok. ...
  2. Rutin memeriksakan diri. ...
  3. Latihan atau olahraga rutin. ...
  4. Konsumsi makanan sehat. ...
  5. Jaga berat badan ideal. ...
  6. Kelola stres dengan baik. ...
  7. Menjaga kebersihan tubuh.


No comments:

Post a Comment